Memiliki sebuah ide kreatif itu bisa langsung dijadikan sebagai sumber penghasil uang, sekarang memang harus punya ide sendiri untuk bisa membuat lapangan usaha sendiri. Sebab kalau hanya mengikuti ide milik orang lain atau hanya bekerja ikut orang juga tidak akan membuat kaya. Tetapi kalau punya ide sendiri dan bisa merealisasikan ide tersebut menjadi peluang usaha jelas itu akan menjanjikan sekali. Untuk mendapatkan ide kreatif itu tidak sulit karena dengan membaca pengalaman-pengalaman hidup para pengusaha sukses juga bisa membuat ide tersebut muncul.

Penyebab Utama Kegagalan Saat Menjalankan Usaha Atau Bisnis

Kalau sudah ada ide dan sudah menjalankan ide tersebut menjadi bisnis atau usaha pastinya harus bisa menjalankannya dengan baik agar keuntungan terus diperoleh. Tetapi keuntungan juga tidak selalu diperoleh karena yang namanya usaha itu tidak selalu membuahkan hasil yang diinginkan. Jika memang yang dirasakan adalah kerugian maka jangan mudah menyerah sebab kalau menyerah tidak akan mengembalikan kerugian yang sudah dialami. Seharusnya itu berusaha terus dan mencari penyebab kenapa sampai rugi, biasanya seorang pengusaha itu rugi dikarenakan penyebab-penyebab di bawah ini.

  • Produk Tidak Laku

Pertama karena belum laku di pasaran, kalau produknya tidak ada yang membeli jelas kerugian itu besar sekali karena untuk membuat produk tersebut itu memakan biaya. Biaya pengeluaran itu harusnya kembali lagi kalau produknya sudah terjual tetapi kadang produk tersebut belum ada yang berminat membeli makanya biaya pengeluarannya tidak tertutupi. Penyebab produk itu sampai tidak terjual dikarenakan pemilihan waktu menjualnya yang salah, jadi produk tersebut harusnya belum dijual sudah dijual duluan. Contohnya adalah menjual pakaian berbahan tebal di musim panas jelas tidak mungkin laku.

  • Harga Produk Terlalu Mahal

Kedua karena harga produk yang masih terlalu mahal, kalau sebuah produk itu harganya mahal tidak mungkin terjual sebab pasti ada produk lain yang kualitasnya sama tetapi harganya lebih murah. Harusnya kalau menentukan harga produk itu harus melakukan riset pasar dulu, dari mengetahui harga-harga produk di pasaran pasti akan mudah menentukan berapa harga pasti produk yang dijual. Jadi tidak perlu yang mahal harganya, lebih baik murah tetapi laku sebab kalau sudah terbukti laris produk tersebut pasti yang berminat juga banyak.

Cara Pemasaran Produk Yang Salah

Ketiga adalah cara memasarkan produknya masih saja salah, kalau memasarkan produk memang harus benar sebab kalau sudah benar pasti produknya akan cepat habis. Untuk cara memasarkan produk yang benar adalah dengan mengenalkan produk dengan jejaring sosial atau media sosial. Jadi tidak harus mengiklankan produknya di televisi sebab itu biayanya besar sekali, kalau tidak laku jelas akan rugi besar. Tetapi kalau dari media sosial itu tidak ada biaya karena memakai jaringan internet jadi hanya cukup beli kuota saja, tetapi ampuh untuk mengenalkan produknya.

  • Tidak Memberikan Pelayanan Yang Bagus

Keempat adalah tidak melayani pembeli atau konsumen dengan baik, meskipun harga sudah murah dan juga cara pemasarannya benar tetapi dari pelayanan buruk tetap tidak membuat untung. Sebab konsumen itu tidak hanya ingin membeli produknya saja tetapi ingin juga dilayani dengan sopan dan baik, jadi sebagai pengusaha atau pelaku bisnis harus mengedepankan pelayanannya dulu.

  • Tidak Memberikan Promo Menarik

Kelima adalah tidak membuat promo yang menarik, untuk mengenalkan produk itu tidak hanya lewat iklan saja tetapi harus membuat promo yang menarik juga. Contohnya saja memberikan diskon besar kalau ada yang mau membeli produk. Dengan memberikan diskon tidak mungkin ada yang sampai tidak tertarik sebab dengan adanya diskon produk pasti akan lebih murah harganya.

  • Cara Menjaga Kualitas Sebuah Produk Pemasaran

Produk pemasaran adalah barang yang akan dijual jadi perlu sekali menjaga kualitasnya agar terus disukai, tetapi biasanya kalau sudah terkenal pasti kualitas produknya itu menurun. Sebab untuk mencari keuntungan kadang harus mengurangi bahan baku yang digunakan untuk membuat produk tersebut. Jelas cara seperti itu salah sebab kalau sudah jelek kualitas produknya bukan malah akan besar untungnya malah rugi besar sebab produk jadi tidak laku lagi.